Portal islami Sejuta Ummat

Model Pembelajaran Pendidikan Berkarakter Sekolah Terpadu, Kini Semakin Maju Untuk Berkembang Lebih Pesat

by Ki Bagus Kusumo , at 04.55 , has 1 comment

Model Pembelajaran Pendidikan Berkarakter Sekolah Terpadu, Kini Semakin Maju Untuk Berkembang Lebih Pesat
Model Pembelajaran Pendidikan Berkarakter Sekolah Terpadu, Kini Semakin Maju Untuk Berkembang Lebih Pesat – Saat ini Model pembelajaran Berkarakter holistik berbasis karakter di SDIT Cahaya Ummat, kegiatan belajar mengajar dimulai pukul 07.00 dan berakhir pukul 13.00 untuk kelas 1-2 dan pukul 14.15 untuk kelas 3 ke atas. Dengan dua orang guru untuk kelas 1-4, tujuannya agar pembelajaran lebih efektif. Guru bisa fokus pada semua siswa karena tidak terlalu banyak yang harus diperhatikan. Pembelajaran dimulai dengan kegiatan pembiasaan seperti apel pagi dan sholat dhuha. Dalam pelaksanaan pembelajaran, menerapkan model holistik, dimana siswa tidak hanya memahami pelajaran secara abstrak tetapi juga mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Sedangkan metode yang digunakan kolaborasi sesuai kebutuhan siswa. Contoh, saat pelajaran di luar kelas menggunakan metode demonstrasi dan observasi. Media yang digunakan untuk mendukung pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Contoh, saat pelajaran IPA bisa menggunakan peralatan laboratorium atau lingkungan alam di sekitar sekolah.

Pendidikan Berkarakter Sekolah Terpadu

Pendidikan Berkarakter, Guru berperan sebagai pendidik, bukan hanya sebagai pengajar. Karena selain mengajarkan pelajaran di dalam kelas, guru selalu mengajarkan akhlak baik pada siswa melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan maupun contoh langsung dari guru. Guru juga selalu memantau kepribadian maupun tingkah laku siswa di rumah dengan bekerjasama bersama orang tua siswa melalui buku penghubung. Model pembelajaran holistik berbasis karakter di SDIT Cahaya Ummat, model pembelajarannya tidak hanya mengedepankan prestasi akademik tetapi juga mengutamakan akhlakul karimah. Sebagai contoh, kegiatan belajar mengajar di SDIT Cahaya Ummat dimulai pukul 07.00 dan diawali dengan pembiasaan. Kegiatan pembiasaan yang antara lain meliputi apel pagi, sholat dhuha, dan muroja’ah ditujukan agar siswa terbiasa disiplin, terbiasa menjalankan sunnah Allah SWT, dan meningkatkan ketakwaan siswa pada Allah SWT.
Selama di lingkungan Pendidikan Berkarakter sekolah, suasana yang terlihat nyaman dan bersahabat. Kedekatan guru dengan siswa menjadi faktor penting dalam menciptakan kehangatan di lingkungan sekolah. Yang lebih muda menghormati yang lebih tua, sedangkan yang lebih tua menyayangi yang lebih muda. Perilaku para siswa SDIT Cahaya Ummat, meski belum semuanya tetapi mayoritas pantas dijadikan teladan. Meskipun masih usia SD, mereka sangat supel, sopan dengan yang lebih tua, juga rukun dengan teman sebaya. Lebih dari itu, para siswa dilatih bertanggung jawab, misalnya dengan harus mengembalikan barang-barang yang diambil pada tempatnya. Sehingga diharapkan dimanapun mereka berada, selalu bertanggung jawab atas apa yang dilakukan.

Pembelajaran Pendidikan Berkarakter Sekolah Terpadu

Dalam buku Strategi Pembelajaran Holistik Di Sekolah disebutkan, Pendidikan Berkarakter dan pembelajaran holistik sangat erat hubungannya dengan metode cooperative learning. Model pembelajaran cooperative learning  adalah salah satu model pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subyek pembelajaran. Model pembelajaran ini akan dapat memberikan nuansa baru di dalam pelaksanaan pembelajaran oleh semua bidang studi yang diampu guru. Peran guru dalam pembelajaran cooperative learning sebagai fasilitator, moderator, organisator, dan mediator terlihat jelas. Keterlibatan semua siswa akan dapat memberikan suasana aktif dan pembelajaran yang demokratis, di mana masing-masing siswa punya peran dan akan memberikan pengalaman belajarnya pada siswa lain.
Model pembelajaran holistik berbasis karakter di SDIT Cahaya Ummat mengacu pada cooperative learning. Siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Sedangkan guru sebagai fasilitator. Pendidikan Berkarakter itu Selain mengajarkan pengetahuan, guru selalu memberi contoh bagaimana bersikap, dan berbicara sesuai etika. Metode yang digunakan yaitu dengan diskusi terbuka, bermain, bernyanyi, membaca buku-buku cerita, dan latihan-latihan dalam tindakan nyata.
Ki Bagus Kusumo
About
Model Pembelajaran Pendidikan Berkarakter Sekolah Terpadu, Kini Semakin Maju Untuk Berkembang Lebih Pesat - written by Ki Bagus Kusumo , published at 04.55, categorized as Kini Semakin Maju Untuk Berkembang Lebih Pesat , Model Pembelajaran Pendidikan Berkarakter Sekolah Terpadu . And has 1 comment
1  comment Add a comment
Model pembelajaran akan cocok disesuaikan dengan pelajaran yang di ajarkan dan kondisi siswa saat itu. Model pembelajaran berkarakter model yang cocok dengan kondisi siswa saat ini
Reply Delete
Bck
Cancel Reply